Senin, 04 Mei 2015

PERAWAT Mah Apa Atuh...????

perawat adalah sebuah profesi setelah seseorang menyelesaikan pendidikan keperawatan di perguruan tinggi. Namun keberadaan perawat masih dipandang sebelah mata oleh pemerintah dan sebagian masyarakat dan menganggap profesi perawat merupakan profesi nomor dua dibanding profesi kesehatan lainnya dan mempunyai penghasilan yang sangat rendah. Padahal perawat merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan langsung ke pasien maupun masyarakat selama 24 jam.

Perawat sebagai sebuah profesi yang bekerja dengan kiat dan ilmu selayaknya mendapatkan penghargaan secara lebih baik pula. Mendapatkan jasa yang sesuai dengan pelayanan profesionalnya menjadi penting sebagai bentuk pengakuan terhadap kinerjanya. Selama ini Perawat belum menemukan hal tersebut secara baik. Mungkin bagi sebahagian orang mendapatkannya, tapi bukan karena profesinya sebagai perawat namun lebih karena status pekerjaan dan kepangkatan dalam sebuah system pemerintahan maupun swasta tempat dia bekerja. Sedangkan Perawat baik itu vokasi maupun profesi secara umum tidak mendapatkan upah yang layak dan sesuai dengan tingket pendidikannya.

Perawat sebagai sebuah profesi sudah selayaknya memiliki jati diri yang seharusnya melekat pada masing masing personelnya. Tuntutan pemberian pelayanan yang lebih baik kepada pasien oleh perawat seharusnya di imbangi dengan pemberian jasa sesuai dengan kinerja. Perhatian penuh dari pemerintah (baik pusat maupun daerah) dan peran organisasi profesi (PPNI) sangat berperan penting terhadap kesejahteraan perawat.

bravo perawat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar